Selasa, 10 November 2009

Cara Yang Benar Memperoleh Makanan Organik?

Rahasia cara makan yang sehat adalah makan berbagai makanan secara seimbang.

4 kelompok makanan :
  1. Daging dan pengganti daging
  2. Kacang kedelai dan produk kacang kedelai
  3. Buah-buahan dan sayur-sayuran
  4. Biji-bijian, kacang-kacangan, gandum dan produk gandum
Pilihlah "makanan organik" yang tidak tercemar oleh bahan kimia, racun serangga, bahan-bahan pengawet, bahan tambahan dan lain-lain.

Makanan kita harus dipilih dengan teliti dari 4 kelompok utama diatas. Daging yang berlainan hendaklah dibersihkan dan dimasak menurut waktu dan cara tertentu untuk menghindari keracunan makanan. Sebaiknya makan lebih banyak buah-buahan dan sayur-sayuran segar.

Peringatan : Makanan sehat yang seimbang harus banyak mengandung zat rendah lemak, gula, garam, dan kolesterol. Sebaiknya makan makanan yang tidak diproses.

Beberapa saran untuk menyediakan makanan sehat :
  1. Buang lemak yang berlebihan sebelum dan sesudah memasak daging
  2. Hindari cara menggoreng. Lebih baik dengan cara merebus (dengan sedikit cairan), membakar atau memanggang.
  3. Gantikan garam dengan bumbu-bumbu. Coba tambahkan jus jeruk ke dalam sayur-sayuran. Hindari bahan perasa.
  4. Jangan makan lemak kental yang berasal dari daging atau keju. Semua jenis lemak meningkatkan resiko kanker usus besar dan kanker payudara. Hati hewan dan telur berkolesterol tinggi dan mungkin menyebabkan penyakit jantung.
  5. Pilihlah buah-buahan segar sebagai makanan ringan untuk menggantikan kue-kue yang sarat dengan "kalori kosong"
  6. Hindari makanan yang diproses seperti sosis, ham, bacon, dan lain-lain karena makanan tersebut banyak mengandung bahan tambahan.

2 Comments:

reza mengatakan...

saya mw bertanya di bagian saran nomor 5...setau saya kue-kue kering juga mengandung protein dan karbohidrat yang didapat dari gula, telor, tepung terigu dan susu

JUNARDI mengatakan...

@reza:
Terima kasih atas pertanyaannya:
Sebelumnya saya singgung dulu mengenai "kalori kosong", kalori kosong disini merupakan makanan/minuman yang mengandung kalori tinggi tapi rendah nutrisi/gizi. Diantaranya terdapat pada makanan kue2 yang mengandung tepung. Sama seperti gula putih, tepung terigu bersifat meningkatkan kadar gula darah. Konsumsi terigu bisa memicu infeksi usus. Terigu rendah serat, sulit dikunyah sehingga memperberat kerja sistem pencernaan. Tidak harus dalam bentuk tepung, Anda juga harus memperhatikan asupan produk hasil olahan terigu termasuk roti, kue, pasta atau pie.

Jika harus mengonsumsinya, usahakan sejarang mungkin. Terigu hampir tidak mengandung nutrisi sama sekali dan mendatangkan lebih banyak efek negatif dibandingkan manfaat positif. Yang lebih penting lagi, hindari paduan tepung ini dengan gula yang diolah dengan suhu tinggi. Menurut pakar kesehatan, kombinasi ini merupakan penyebab utama penyakit degeneratif.

Makanan/minuman ber"kalori kosong" sebagian besar mengandung gula yang berasal dari karbohidrat sederhana (gula, permen, soft drink, cake, biskuit, es krim) yang diolah. Sayangnya, dalam proses pengolahannya, gula telah berubah bentuk menjadi karbohidrat sederhana yang memiliki kalori kosong sehingga dalam tubuh tidak bisa menjalankan fungsi karbohidrat yang sesungguhnya. Karbohidrat kosong ini sifatnya membebani pencernaan dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh.
Makanan / minuman yang ber"kalori kosong" antara lain :
# Nasi putih
# Sweets, soft drinks, beverages with a low juice component, and other foods containing sugar Sweets, soft drinks, minuman dengan jus komponen yang rendah, dan lain-lain makanan yang mengandung gula
# Butter, lard, and other highly-saturated fats. Mentega, lemak babi, dan lainnya sangat jenuh Fats.
# High fat foods such as hamburgers, hot dogs, fried chicken, pizza, potato chips, and French fries Makanan tinggi lemak seperti hamburger, hot dogs, ayam goreng, pizza, keripik kentang, dan kentang goreng
# Candy, pop and other sweetened packaged foods Candy, pop dan lainnya kemasan makanan manis
# Beer, wine and all other alcoholic beverages Bir, anggur dan minuman beralkohol lainnya

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...