Senin, 13 April 2009

Kandungan Gizi dan Manfaat Susu Kedelai Melilea

Menurut penelitian susu kedelai mengandung banyak sekali gizi dan manfaat di dalamya, selain sebagai pengganti susu sapi, bahkan jauh lebih kaya akan gizi dibandingkan susu sapi, susu kedelai juga dapat dijadikan alternatif terbaik pengganti susu formula yang kencenderungan mengandung bakteri jahat yang membahayakan kesehatan balita dan anak-anak. Kandungan dan manfaat yang terdapat dalam susu kedelai adalah:

* Protein,
berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak, penambah imunitas tubuh. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino (lesitin / HDL, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin). Protein yang terkandung dalam kedelai diketahui kaya akan asam amino arginin dan glisin yang merupakan komponen penyusun hormon insulin dan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh kita.

* Lemak Nabati, Sangat baik untuk tubuh manusia.

* Karbohidrat, sebagai sumber energi atau tenaga didalam tubuh.

* Serat / fiber, berguna untuk system pencernaan dalam tubuh.

* Vitamin A, pada biji kedelai berasal dari karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A, membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang.

* Vitamin B1, Vitamin B1 atau yang sering disebut tianin sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi.

* Vitamin B2, disebut juga flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, bail susu sapi susu manusia, maupun susu kedelai.

* Vitamin E, melancarkan proses reproduksi dan proses menstruasi, menegah impotensi, keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, membantu memperpanjang umur, dan sebagai antioksidan. Orang yang rajin mengkonsumsi antioksidan akan terlihat lebih muda ketimbang orang yang jarang mengkonsumsinya.

* Mineral, berfungsi dalam menambah kekuatan struktur tulang, gigi, dan kuku, serta dapat menambah daya tahan tubuh terhadap gangguan penyakit. Selain itu, mineral juga berfungsi dalam proses reproduksi pertumbuhan tulang mereka yang menuju dewasa.

* Polisakarida yang mampu menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, serta menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial (setelah makan), Asupan susu kedelai dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang melebihi batas normal tersebut, sehingga sangat membantu mengendalikan penyakit gula.

* Isoflavon, Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Flavonoid adalah sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau. Senyawa ini biasanya memiliki ciri khas, yaitu mengeluarkan bau tertentu. Bau langu yang terdapat pada biji kedelai adalah salah satu tanda bahwa dalam biji tersebut terdapat flavonoid. Secara ilmiah, flavonoid sudah dibuktikan mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Seorang peneliti Jepang, pada tahun 1998 menganjurkan setiap manusia mengkonsumsi isoflavon kedelai sebanyak 50-100 mg perhari.

Fungsi isoflavon itu bagi tubuh adalah untuk :
o Melancarkan metabolisme
o Melancarkan pencernaan
o Merupakan nutrisi pelengkap
o Meningkatkan sistem imunitas
o Memperkuat strukturmatriks tulang
o Menstabilkan tekanan darah
o Menurunkan kadar kolestrol darah
o Menstabilkan kadar gula darah
o Mencegah obesitas
o Mencegah penyakit ginjal
o Mengurangi gejala jantung koroner (kardiovaskuler)
o Mengurangi gejala stroke
o Mengurangi gejala rematik dan asam urat
o Mengurangi gejala maag
o Menghilangkan rasa lelah dan lesu
o Mengurangi gejala symptom menopause
o Memperlambat penuaan sel
o Mencegah tumbuhnya kanker, terutama kanker payudara dan prostate
o Menambah daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif.

* HDL (Kolesterol Baik) LDL (Low Density Lipoprotein) bersifat sangat mampu untuk membuat proses pengapuran pembuluh darah. Karenanya dikenal sebagai kolesterol jahat.HDL (High Density Lipoprotein) bersifat sebaliknya yaitu menahan proses pengapuran dengan cara menyedot timbunan kolesterol didalam pembuluh darah, lalu membawanya ke lever dan selanjutnya dibuang melalui empedu. Oleh karenanya HDL dikenal sebagai kolesterol baik.Sebetulnya yang harus selalu di perhatikan terlebih dahulu adalah kadar kolesterol total yang harus senantiasa di jaga jangan lebih dari 200 mg % Barulah apabilah seseorang mempunyai kadar kolesterol yang selalu normal, maka sebaiknya harus dilihat lagi kadar HDL nya.

* Kalsium adalah salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair, di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi Kalsium Merupakan mineral yang sangat penting yaitu:
  • Pengaruh Neurotransmitter, peredaran darah dan fungsi otot urat
  • Membantu meningkatkan kekuatan pada tulang, guna mencegah tulang keropos (osteoporsis)
  • Membantu peredaran darah secara normal
  • Membantu formasi sel protein dan membantu mengatur fungsi otot
  • Mengontrol asam lemak (fatty acids) pada usus yang dapat mengurangi formasi sel kanker dengan tujuan mencegah terjadinya kanker usus.

17 Comments:

start a new life mengatakan...

susu kedelai bagus tapi hati hati bila beli di jalan2, kecenderungan dalam proses pembuatan susu kedelai kurang higienis, masak saya pernah liat di tv bahwa susu kedelai dicampur pemutih untuk supaya keliatan lebih putih cerah. (seharusnya kalo bikin sendiri warnanya putih cenderung keruh kental.. gitu deh, susah amat diskripsi warna, yah, namanya juga bukan pelukis)
sebaiknya bikin sendiri aja, lebih mantabf... :)

JUNARDI mengatakan...

@start a new life
terima kasih atas comment-nya. Memang kita perlu waspada dengan produk apa saja yg terjual bebas di jalan-jalan, selain hati2 dengan produknya, kita juga bisa melihat dari lokasinya yang penuh debu dan asap kendaraan.
Tentunya berbeda dengan produk susu kedelai dari Melilea yang organik.
Susu Kedelai Organik MELILEA, dihasilkan dari bibit kacang kedelai yang ditanam secara Organik/tumbuh secara alami tanpa pupuk kimia, peptisida, dan jauh dari lingkungan yang tercemar apalagi Rekayasa Genetik. Nutrisi kacang kedelai dijaga dengan baik, tanpa menggunakan zat pewarna, perasa buatan dan bahan pengawet.

Kulit dan tunas kacang kedelai dikupas satu-persatu sehingga menghasilkan tekstur kacang yang lembut, citarasa yang enak sekali, tidak berbau langu, tidak berserat dan sangat aman bagi penderita asam urat. Untuk mengupas kulit dan tunas dengan menggunakan teknologi yang lebih tinggi sehingga tidak dapat dilakukan di rumah atau home industri.

Anonim mengatakan...

saya mau tanya nich.... tante saya selalu minum kacang kedelai yang di olah sendiri, caranya kacang kedelai itu disanggrai terus digiling jadi bubuk seperti kopi bubuk setelah itu dia campur dengan susu anline.tapi bisa juga minum tanpa susu anline dan warnanya itu coklat enak juga, kalau kacang kedelai diolah seperti itu kandungan gizinya berkurang?

JUNARDI mengatakan...

sebenernya kandungan gizi nya ngga berkurang ..
tapi kandungan lain yang tidak bermanfaat untuk tubuh (kulit & tunas), bisa menyebabkan asam urat.
Kulit dan Mata dari kacang soya melilea telah di hilangkan untuk memperoleh rasa dan aroma yang lebih enak.
PERLU DI KETAHUI, Kulit dan Tunas Kacang Soya di buang sehingga hanya 45% kacang soya yang di gunakan dan 55% nya yang merupakan Racun Penyebab Asam urat di buang. Ini proses yang dijalankan susu melilea dengan para ahli naturopatinya (pengobatan secara alami).

indah mengatakan...

bolehkah ibu hamil minum susu kedelai milelea ini?? dan apa manfaatnya buat ibu dan bayinya???

Kang Juned mengatakan...

@Indah :
SUSU KEDELAI MELILEA COCOK UNTUK SEMUA UMUR

* Bayi (mulai usia 4 bulan) : Sangat sesuai bagi bayi yang mempunyai masalah sistim pencernaan dan alergi terhadap susu sapi.
* Anak-anak : Memberi makanan yang bergizi untuk memperkuat daya ingat serta meningkatkan pertumbuhan badan.
* Wanita Hamil : Membantu memberikan gizi yang mencukupi seperti kalsium dan protein baik untuk Ibu maupun bayinya.
* Remaja dan Dewasa : Membantu menurunkan kolesterol serta memberikan seluruh gizi yang diperlukan.
* Lanjut Usia : Membantu menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan secara umum.

jasmine mengatakan...

aku pernah dengar,susu kedelai justru bisa meningkatkan resiko terkena kanker,karena zat purin yang terkandung,namun hasil olahan dari kacang kedelai yang di fermentasikan mlah dapat mengurangi resiko tersebut,apakah itu benar?

yoga mengatakan...

saya makin bingung dengan susu kedelai , ada yang bilang berkhasiat tinggi , dan ada yang bilang kalo laki2 yang mengkonsumsi susu tsb , bisa bersifat feminim

http://forum.detik.com/showthread.php?t=202829

VICKYFF mengatakan...

Milk is not only delicious but also low-calorie foods, eat more fat do not have to worry about the other it is also very good cosmetic results, whitening skin
Scarf Scarf

Informasi Kesehatan mengatakan...

Saya pingin minum susu kedelai tiap hahi, karena bayak manfaat untuk kesehatan kita

Kang Juned mengatakan...

Salah satunya untuk mencegah osteoporosis ..

amee mengatakan...

bisa jelaskan komposisi kandungan susu kedelai melilea tiap takaran saji dan % akg?
Terimakasih

Jose mengatakan...

Kedelai sudah di konsumsi ribuan tahun lalu, apakah dalam bentuk fermentasi atau susu.. informasi mengenai bahaya kedelai sudah lama beredar dan sampai saat ini belum bisa di buktikan secara nyata, WHO pun sampai saat ini belum melarang mengkonsumsi susu kedelai..

yg di khawatirkan saat ini adalah kedelai yg di tanam tdk secara organik (GMO) / transgenik.., sejauh itu berbentuk organik tidak ada masalah, asal di konsumsi sesuai takarannya.. Susu melilea murni dari bibit kedelai Organik..

Bisa baca artikel hasil penelitian Prof. Dr. Wei Zheng, MD, Ph.D., profesor dan kepala, Divisi Epidemiologi di Vanderbilt University… ..”Para wanita yang mengkonsumsi kedelai setiap hari dalam kecenderungan terkena kanker payudara lebih kecil. Apalagi di masa premenopouse, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kedelai sama sekali..”

Menurut Wei Zheng, ketika tingkat estrogen dalam tubuh tinggi, isoflavon dalam kedelai tidak akan merusak estrogen alami dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker payudara. Ketika wanita memasuki masa menopouse, isoflavon bertindak sebagai estrogen di dalam tubuh meskipun tidak lah kuat. “Sehingga dengan kata lain, mengkonsumsi kedelai dan makanan keturunannya tidak akan menyebabkan resiko kanker payudara jadi meningkat.” tutup Wei Zheng.. sumber http://food.detik.com/read/2010/11/01/173427/1481828/900/kedelai-memicu-kanker

Tentang Prof Zheng bisa di lihat di sini http://www.vicc.org/dd/display.php?person=wei.zheng

dedi mengatakan...

Aku sudah ikut.. cuman konsumsi melilea saja.. belum memasarkan.

Kesehatan Gigi mengatakan...

Informasi sangat menarik sukses trus ngeblognya bro dan selalu sajikan informasi terbaru ya...Cara Menjaga Kesehatan Gigi

obat tradisional keputihan mengatakan...

terimakasih banyak atas infonya gan.selmat malam

Nonton Film Online mengatakan...

Nonton Film Online
Prediksi Bola
Prediksi Togel
Berita Bola Terkini
Berita Bola
Bioskop Online
Bioskop Online
Bioskop Online
Bioskop Online
Berita Bola Terkini
Berita Bola Terkini
Prediksi Angka Jitu

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...